Perkembangan IT di Medan

Saya coba urun rembuk tentang perkembangan IT di Medan:

1. Dulu saya tidak terlalu percaya di Medan bisa pindah-pindah kerja dengan tujuan Gaji yang lebih tinggi ataupun tantangan pengetahuan yang meningkat. Ternyata sudah bisa, saya mendapati beberapa orang rekan sudah melakukannya. Dari beberapa itu ternyata Gaji tertinggi untuk IT Expert sekitar 5-6jt. Di atas itu harus mengambil pilihan ke Jkt ataupun Singapore maupun Malay.

2. Banyak perusahaan besar dan sangat besar di Medan biasanya perusahaan Cabang, jadi kebijakan IT baik pengadaan dll dilakukan di Pusat di Jakarta. Tapi melihat kecendrungan yang ada, berbagai perusahaan perkebunan swasta, malah mulai memindahkan kantor representatifnya ke PekanBaru.

3. Khusus tenaga IT yang Expert, memang banyak juga yang belajar otodidak dengan proses yang cukup panjang. Dengan lingkungan informasi, event dan kegiatan yang tidak terlalu banyak seperti di Jawa. Teman2 yang otodidak ini saya perhatikan cepat bergabung dalam komunitas, kampus ataupun perusahaan. Yang masih sendiri, mereka juga sekarang mulai bekerja secara freelance.

4. Untuk dunia Kampus IT, belakangan juga mulai menunjukkan semangat perubahan dan persaingan. Karena mahasiswa juga semakin pintar, tapi klub-klub, organisasi kampus khusus yg fokus ke IT, sering mandek, karena minimnya dukungan penyelenggara kampus dalam mendukungnya. Hal ini saya ungkapkan karena dengan acara MUGI kemaren ada salah satu petinggi kampus yg bilang gak mau ikut, takut nanti mahasiswanya minta upgrade Labnya :D.

5. Medan itu unik, coba perhatikan jika para vendor/perusahaan IT buat Event, paling nyangkut di Palembang saja. Saya tanya kenapa? Pernah sebuah majalah buat acara, mereka bilang peminatnya gak banyak pak. jadi tahun depannya mereka gak mau lagi ke Medan. Nah ini yang mesti kita jaga, bagaimana Medan bisa diperhitungkan. Kemaren acara Mugi yg 850 orang banyak menggetarkan para vendor/perusahaan IT, mereka bertanya Koq bisa? malah sebuah penerbit bilang, koq bisa? dan gak rugi pula mereka bilang.

6. Sejak 2002 saya mendirikan Webmedia, dengan keterbatasan yang ada, tetap kita coba memberi warna. Alhamdulillah para alumni sudah tersebar di berbagai ISP, perusahaan multinasional, maupun BUMN. Dan menurut data kita 20% nya keluar kota khususnya di Jakarta. Sebenarnya banyak tenaga expert, cuma karena di Medan ini belum terkordinasi dengan baik para Professional dan IT Expertnya, jadi kelihatan kurang. Saya punya info siapa-siapa saja yang jagonya IT di Medan. Dengan semangat berbagi dan mengamalkan ilmu untuk amal jariyah, mereka berkenan untuk bergabung dalam komunitas kita. Saya berencana untuk membentuk KOMUNITAS ICT SUMATERA UTARA (cek di FB) sudah bergabung 1100 orang dari Medan sekitarnya, 10% para expert dan manajer IT. Mudah2an bisa terbentuk dan jumpa darat.

7. Coba cek bagaimana Bali bisa berkembang dari sisi Industri Kreatifnya, dengan konsep kebersamaan mengusir para penjajah dunia maya (Cek pertempuran SEO di Bali) mereka menyadari bahwa semuanya dimulai dari Sekolah, Studio dan Kursus-kursus untuk memproduksi SDM. Kita juga coba mulai dari sana. Dengan alasan Workshop Gratis, Webmedia keliling kampus di Medan. Hidden Agendanya sebenarnya kami sedang mempersiapkan sebuah Link dan Match antara SEKOLAH dan Industri, Kampus dengan Industri.

8. Ke depan, industri IT Medan akan mengalami perkembangan luar biasa, cek bagaimana Pemko Medan sudah melakukan sosialisasi dan implementasi penggunaan software legal. termasuk penerapan Open Source di lingkungan Pemko dan SKPDnya. Sebuah upaya dari pemerintah yang nantinya akan menular ke swasta dll.

Demikian sekedar urun rembuk.

Salam,

Eko

 banner ad


2 Responses to “Perkembangan IT di Medan”

  1. handa says:

    saya sedang mencari2 prusahaan IT di medan karena berniat untuk mencari pekerjaan sebagai tenaga IT di medan juga, dan akhirnya mampir ke sini. Saya sbntar lg akan pindah ke sumut,waw..ternyata tenaga IT sudah mulai maju ya di medan. Mudah2an saya juga bisa menemukannya,bang hehheh. thx infonya,bang…sukses..

  2. Dear Pak Eko,
    Saya dari Salah satu distributor perangkat IT di Jakarta
    , berniat untuk road show IT ke Medan pada tanggal 18-20 April 2011 ini.
    Bisakah kita bertemu di medan untuk diskusi market IT di Medan.

    Thanks
    Donny Boerman
    0813-1500-6517

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better

Twitter

Facebook

Google+