Assalamualaikum wr. wb.
Sekedar berbagi berdasarkan pengalaman:
1. Untuk mendapatkan info lebih lanjut silahkan buka : www.infokursus.net (ini milik Dirjen Kursus) bisa belajar banyak dari sana.
2. Ijin LPK dikeluarkan oleh Dinas Kota atau Kabupaten, untuk biayanya tergantung dari masing-masing Dinas dan bisa 300rb-1jt.
3. Inti dari membuka kursus adalah segmentasi dan cek kesiapan dunia usaha dan industri (dudi) di sekitaran kursus. Karena Kursus akan mak nyus jika lulusannya langsung bisa diserap oleh  DUDI.
4. Segmentasi dimaksud adalah mau memilih kursus kita sebagai generalis atau specialis. Dan cek ricek juga mitra2 kursus yang sudah buka di sekitaran lokasi. Jika sudah memilih generalis atau specialist (tentu saja compare dengan infrastruktur yang dimiliki, staf dan instruktur yang ada).
5. Saya dulu membangun Kursus dimulai di tahun 2002 di Kota Medan, ada banyak lembaga kursus disini dan saya memilih segmen khusus yakni mahasiswa tingkat akhir, belum bekerja ataupun staf yang sudah bekerja tapi masih ingin mencari pekerjaan lain. Segmen cukup kecil, tetapi ini yang membuat pembeda kursus kami, hingga kami dipercaya PT Telkom, Microsoft Indonesia, IBM, Bank Indonesia menjadi mitra mereka. Dan saya ini Kursus kami juga dipercaya majalah CHIP untuk mengisi salah satu konten (1 halaman penuh) dengan materi Video Belajar.
6. Dari infokursus.net itu kita juga disarankan untuk membuka program profesi 1 tahun, konsepnya menurut saya adalah kesiapan infrastruktur, instruktur dan materi. Dan penting juga menjadikan Kursus sebagai Sekolah Kerja dan Sekolah Wirausaha. Saya berbagi pengalaman disini: http://profesi.webmediacenter.com, baru angkatan I, tapi ini sudah mulai mendominasi pasar.
7. Untuk kursus online kami juga sudah memulainya secara gratis di : http://kursus.webmediacenter.com
Demikian sekedar sharing pengalaman.
salam,
Eko Purwanto
WEBMEDIA Training Center
Jl. Setia Budi, Komp. Setia Budi Bisnis Point No.12-13 CC, Medan – 20122
Telp. 061-8228225, 061-8228125
http://www.webmediacenter.com