Kekuatan Internet Yang Mengubah Dunia Konservatif

Malam telah larut pada suatu malam di musim dingin Kanada, ketika Rob McEwen, CEO GOLDcorp Inc, berdiri diujung meja bersama para geolog senior. Berita yang akan disampaikannya tidak bagus bahkan sangat buruk, dan McEwen sulit menutupi rasa frustasinya. Perusahaan mereka merupakan perusahaan tambang emas yang kecil berasal dari Toronto sedang berjuang menghadapi tekanan pemogokan, utang dan lonjakan biaya produksi yang memaksa mereka menghentikan kegiatan perusahaan. Kondisi pasar juga tidak menguntungkan karena harga emas mengalami penyusutan. Banyak orang sudah memprediksi perusahaan yang berlokasi di Red Lake, Ontario saat ini sedang SEKARAT. Kondisi ini ditambah dengan tidak adanya bukti kandungan emas baru yang berarti, sehingga dipastikan perusahaan ini akan bangkrut dan Goldcorp akan mati bersamanya.

Ketegangan merayap naik, McEwen sendiri tidak punya pengalaman riil dalam industri ekstraktif, termasuk pertambangan emas. Hanya sedikit orang di ruangan itu yang yakin McEwen adalah orang yang tepat untuk menyelamatkan perusahaan. Namun McEwen menepis kritik itu. Ia teringat masa lalu ia merupakan manajer investasi muda petualang, yang pernah terlibat pertempuran pengambil alihan dan muncul sebagai pemilik mayoritas di Goldcorp Inc.
Kemudian dia berkata,”Kita akan menemukan lebih banyak emas di tambang ini, dan kita tidak akan meninggalkan ruangan malam ini sampai kita memiliki rencana untuk menemukannya.” Kemudian McEwen menyerahkan $10juta pada para geolog itu dan mengirim mereka ke Northern Ontario.
Banyak staf yang menganggap McEwen sudah gila tetapi mereka melaksanakan instruksinya, mengebor lapisan terdalam di bagian terpencil tambang. Ajaibnya beberapa minggu kemudian mereka kembali ke markas besar Goldcorp dengan wajah bangga mengabarkan penemuan besar: Uji pengeboran mengindikasikan kandungan emas tinggi, hingga 30 kali lipat jumlah yang sedang ditambang Goldcorp saat ini!
Penemuan ini sangat mengejutkan dan juga menggembirakan. Namun setelah beberapa tahun kemudian di tengah rasa frustasi McEwen para geolog perusahaan berjuang memberikan estimasi yang akurat tentang nilai emas dan lokasi yang tepat. McEwen putus asa ingin menyuntikkan desakan pasar ke dalam proses kaku industri ekonomi lama ini.

Tahun 1999, dengan masa depan yang belum pasti, Mc Ewen beralih ke pengembangan personal. Ia merasa antusias dalam sebuah konfrensi bagi para pemimpin muda yang diadakan di MIT, ketika secara tidak sengaja muncul pembahasan tentang Linux. Di ruang kuliah, McEwen menyimak sebuah kisah menarik tentang bagaimana piranti lunak berhasil merakit sistem operasi komputer kelas dunia melalui Internet. Si pembicara menjelaskan bagaimana Torvalds membuka sandinya(source) pada dunia, yang memungkinkan ribuan pengembang anonim untuk mempelajari dan memberikan kontribusi mereka sendiri.
McEwen mengalami pencerahan. Jika karyawan Goldcorp tidak dapat menemukan emas di Red lake, mungkin seseorang dapat. Mungkin kunci untuk menemukan orang ini adalah dengan membuka eksplorasi seperti cara Torvalds dengan Linux yang bersifat open source.
McEwen kembali ke Toronto untuk memaparkan gagasan ini kepada kepala Geogolognya.”saya ingin semua dokumen geologi yang kita punya, semua data mulai dari tahun 1948 dimasukkan ke dalam satu file dan ungkapkan kepada dunia.” Katanya. “Lalu kita minta dunia untuk mengatakan dimana kita akan menemukan 6 juta ounce emas.” McEwen melihat ini sebagai peluang untuk memperoleh otak-otak terbaik dalam industri pertambangan. Dan bisa dimaklumi, PARA GEOGOLOG GOLDCORE MERAGUKANNYA.
Sebagai informasi: Pertambangan adalah Industri Tertutup, dan terlepas dari mineral yang ada, data geogolog adalah sumberdaya yang paling berharga dan sangat dilindungi. Karyawan Goldcorp berpikir apakah komunitas geogolog global akan menyambut seruan Goldcorp ibarat para pengembang piranti lunak mengerumuni Linus Torvalds. Selain itu, mereka mengkhawatirkan dampak dari kontes ini terhadap diri mereka dan ketidakmampuan mereka untuk melihat kandungan emas semu.
McEwen mengakui dalam sebuah restrospeksi bahwa strategi ini kontroversial dan berisiko.”Kami menyerang sebuah asumsi fundamental; Anda tidak sekedar memberikan data eksklusif,” ujarnya.”Data ini sangat fundamental,” tambahnya,”yang tidak akan pernah dapat dipertanyakan orang,” Sekali lagi, McEwen berketetapan untuk maju.

Maret 2000, “Tantangan Goldcorp diluncurkan” dengan hadiah $575.000 bagi partisipan yang berhasil memberikan metode dan estimasi terbaik.
Berita tentang kontes ini menyebar cepat di Internet, ketika lebih dari 1.000 prospektor dunia maya dari 50 negara sibuk mengakses data. Dalam beberapa pekan, kiriman dari seluruh penjuru dunia membanjiri markas Goldcorp. Seperti perkiraan, para geogolog ikut serta. Namun masukan datang dari sumber-sumber yang mengejukan, termasuk mahasiswa pasca sarjan, konsultan, matematikawan dan anggota militer. Semuanya menginginkan sebuah aksi.”kami telah menerapkan matematika, fisika tingkat tinggi, sistem intelijen, grafik komputer dan solusi organik untuk persoalan-persoalan non-organik. Ada sejumlah kemampuan yang tidak pernah saya lihat sebelumnya di industri ini,” ungkap McEwen. “Saat melihat grafik di depan komputer, saya hampir terjungkal dari kursi. “Para kontestan telah mengidentifikasi 110 target di tambang Red Lake, yang mana 50% di antaranya belum pernah teridentifkasi oleh perusahaan lain. Lebih dari 80% target anyar menghasilkan emas dalam jumlah besar. Faktanya, sejak kontes dimulai ditemukan 8 juta ounce emas. McEwen memperkirakan proses kolaborasi telah memangkas waktu eksplorasi 2-3 tahun.
Saat ini, Goldcorp Challenge adalah pengakuan atas pendekatan pintar bagi eksplorasi dalam industri yang konservatif dan tertutup. Rob McEwen mendorak tren di industri dengan berbagai data ekslusif perusahaan dan secara simultan mengubah proses eksplorasi yang lamban menjadi sebuah mesin penemuan emas modern terdistribusi, yang memanfaatkan sejumlah orang paling berbakat di industri pertambangan.
McEwen melihat sesuatu secara berbeda. Ia menyadari, keunikan pikiran berkualitas untuk membuat temuan baru ini ada kemungkinan berada di luar batas institusinya, dan dengan berbagi properti intelektual ia dapat memperoleh kekuatan dan kemampuan kolektif para genius. Saat melakukan hal ini, ia berhasil terjun ke dalam inovasi dan bisnis masa depan, serta bagaimana kemakmuran dan semua hal lain akan tercipta. Selamat datang dunia baru wikinomics, tempat kolaborasi berskala massal akan mengubah semua institusi di masyarakat.

Disadur dari: Buku Wikinomics : Kolaborasi Global Berbasis Web bagi Bisnis Masa Depan.(Don Tapscott)

Ayo jangan ragu untuk nyebur di dunia tanpa batas ini, tentu dengan norma dan integritas tinggi. @Eko

 banner ad


6 Responses to “Kekuatan Internet Yang Mengubah Dunia Konservatif”

  1. ferry koto says:

    Kisah yang sangat inspiratif. Saya rasa ini yang dari dahulu di dengungkan oleh tokoh Koperasi inodnesia…. Kerjasama dan bergotong royong.. sangat cocok di indonesia..

  2. eko says:

    Iya mas Ferry setuju, berpikir secara berbeda itu salah satu kuncinya.

  3. BlogSigit says:

    “McEwen melihat sesuatu secara berbeda”

    kalimat diatas membuat saya berpikir untuk lebih maju

  4. rudi says:

    mas eko tulisannya bergizi tinggi. mhn ijin sy link ya..

  5. eko says:

    #BlogSigit: Iya pak melakukan secara berbeda dan berpikir secara berbeda.
    #rudi: Silahkan mas link saja…saya juga dapat dari sebuah buku, sekaligus jadi bahan tugas kuliah.

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better

Twitter

Facebook

Google+